9:27 PM

(0) Comments

Sekilas Pandang tentang Robot

Unknown

ROBOT

Perawang, 10-06-2005, 15:15 WIB
Apa itu Robot?

Seperangkat peralatan elektonika yang dirangkai bersama-sama dengan perangkat mekanikal sehingga dapat bekerja dan beroperasi sesuai dengan instruksi/program yang diberikan.

Apa yang dapat dikerjakan Robot?

Robot dapat sangat membantu pekerjaan manusia dalam banyak hal dan khususnya mencakup pekerjaan dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan dengan demikian juga dapat mencegah kecelakaan pada tubuh manusia. Lokasi Robot dapat bekerja bisa di darat, udara, laut, sesuai dengan kebutuhan. Pada saat sekarang, sangat banyak Robot dipakai pada Industri besar dan kecil

Bagian-bagian dari Robot

Robot pada dasarnya terdiri dari beberapa bagian antara lain:
àBrain (otak), umunya di sebut komputer.
àActuator (aktuator) & mechanical part (bagian mekanik) seperti: Motor, Piston, Roda
(Wheels), Gigi (Gears), Pencengkram (grippers).
àSensor, seperti: vision (mata), sound (suara), temperatur (suhu), motion (pergerakan),
light (cahaya), touch (sentuhan), dll.

Dengan komponen tersebut, Robot dapat bekerjasama dan berguna.


Hukum dari Robot
Popular science fiction writer Isaac Asimov created the Three Laws of Robotics:
#1 A robot must not injure a human being or, through inaction, allow a human being to come to harm. ( tidak boleh mencelakai manusia).
#2 A robot must always obey orders given to it by a human being, except where it would conflict with the first law. (dapat mematuhi perintah).
#3 A robot must protect it's own existence, except where it would conflict with the first or second law. (dapat mempertahankan diri)
Bagaimana Membuat Robot Sendiri?

Sebelum memutuskan lebih jauh, pertama-tama harus dipertimbangkan adalah membuat Robot dari Barang Bekas (Scratch) atau merakit dari Kit.
Merakit dengan mempergunakan Kit yang telah tersedia di toko-toko,jauh lebih praktis dari pada harus membangun dari barang ‘rongsokan’ di sekitar kita, tetapi sebagai pelengkap, boleh–boleh saja. Selanjutnya, kita akan membahas masing-masing komponen dari Robot dan merangkainya sehingga menjdi sesuatu yang menarik dan menyenangkan.





I. Mikrokontroller (Micocontroller)

àBrain (otak), umunya di sebut komputer.

Otak dari Robot, atau Pengolah data/instruksi untuk dapat di lakukan oleh bagian-bagian lain dari Robot dapat diprogram dengan PC yang berisi Program yang disebut Basic Stamp , untuk versi II disebut dengn BSII. Program ini berektensi file *.BS*, contoh untuk file pda Program BSII, maka filenya adalah *.BS2, dst..
Program editor untuk BSII adalah pada file SetupStampEditorv22lg. Pertama-tama, Install Program tersebut ke PC, dan aktifkan.

Setelah membuat Program BSII, file tersebut harus di compile sehingga bisa di diterjemahkan ke dalam bentuk mekanis. Program ini akan ‘dimasukkan’ (downloading) ke dalam IC EEPROM Micro Controller.

Basic Stamp adalah salah satu dari sekian banyak jenis Mikrokontroler yang dapat dipakai diantaranya; Motorola (HCxx), Atmel (MCS-51), Microchip (Pic), Oopic, dll. Masing-masing dari jenis tersebut mempunyai struktur dan konfigurasi yang berbeda satu dengan lainnya dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, contohnya keluarga Atmel, murah meriah tetapi dalam pencabangan lebih diungguli oleh keluarga Motorola dst.

àActuator (aktuator) & mechanical part (bagian mekanik) seperti: Motor, Piston, Roda
(Wheels), Gigi (Gears), Pencengkram (grippers).
àSensor, seperti: vision (mata), sound (suara), temperatur (suhu), motion (pergerakan),
light (cahaya), touch (sentuhan), dll.

Bersambung…….

0 Responses to "Sekilas Pandang tentang Robot"