10:11 PM

(28) Comments

PROYEK PIC 16F84 UNTUK JAM DIGITAL

Unknown

PROYEK PIC 16F84 UNTUK JAM DIGITAL

Berikut ada Proyek sederhana yaitu Jam Digital berbasis Mikrokontroler PIC 16F84 dan dikombinasikan dengan RTC (Real Time Clock) 4051, dan ULN 2003 untuk mendrive Common dari tampilan tujuh ruas (7 segment). Dapat dilihat pada skema berikut, terdapat regulator yang sudah di stabilkan untuk supply power Mikrokontroler dengan sumber power 12 VDC.

Mohon perhatian juga barangkali dengan karakteristik dan penamaan lokasi ruas pada 7 segment dengan urutan yang berbeda, pada skema berikut, posisi ruas a dan d sejajar pada penunjukan waktu Jam dan Menit untuk memunculkan decimal point saling berdekatan membentuk tanda titik dua (“:”) dan pada penunjukan Detik seperti biasa tidak perubahan wak…mantap kan..??yang penting belum di coba belum tau, tull nggak..!!

Demikian dahulu untuk kali ini, teriring ucapan terima kasih untuk Mas Rick.s yang sudah berpartisipasi untuk proyek ini…..thanks berat.

Oke wak, sampai disini dulu, jika ada waktu cobalah di praktekkan, source code .asm ada juga, kalo ada yang mau, jangan sungkan, email aja ke kami oce..!! suaa..iii……!!!

28 Responses to "PROYEK PIC 16F84 UNTUK JAM DIGITAL"
adi said :
September 21, 2008 at 6:09 AM
wasalam,...
termakasih buat rangkaian jam digitalnya, krn ini sangat bagus utk bisa dibuat sendiri tpi bisa gak pak saya mau nama2 komponen yg tertera di rangkaian jam digital "PROYEK PIC 16F84 UNTUK JAM DIGITAL"
dan juga saya sdh download gambar hanya jika di zoom pecah dan tidak bisa di baca nama2 komponenya, bisa gak gambar rangkaian jam digital itu di buat dalam format PDF biar pas saya mau membuatnya saya bisa zoom dlm setiap rangkaian pd bagian yg terkecil.
thanks before
-adi
PIC said :
March 17, 2009 at 9:16 AM
blog yang bagus untuk informasi tentang PIC
Unknown said :
April 21, 2009 at 10:35 PM
@ adi: ntar diusahakan ya..

@ PIC : trims...sukses juga buat anda..!
yudhi padang said :
August 9, 2009 at 10:02 PM
maaf, saya seorang hobby. jadi kurang ngerti programmable.

saya mo nanya ni mas...
saya mo bikin rangkaian counter pakai PIC16F84. bantu saya dong mas.

ketentuan:
1. saya mau counter 2 digit(7segment)
2. segmen 1 menghitung dari 1-8
3. segmen 2 menghitung dari a-h
4. untuk menambah hitungan saya hanya perlu menekan dari 2 tombol
5. tombol 1 untuk tambah
6. tonbol 2 untuk kurang

contoh hitungan
a1, a2, ..., a7, a8, b1, b2, ..., b7, b8, c1, ..., h7, h8, a1, a2

terimakasih mas untuk menjawab smua kesulitan saya,
sekiranya mas udah bikin rangkaiannya tolong dong mas di pos di sini atau di kirim ke e-mail saya di
scorpio_naked_bike@yahoo.com
Unknown said :
August 10, 2009 at 8:17 PM
@yudhi padang: maaf mas, rangkaianya beum ada tapi logikanya, bisa buat alur algoritma seperti chart dulu, baru buat sour code nya..! kali aja ada rekan2 lain yg bisa bantu, please..!!
aq said :
October 15, 2009 at 5:50 AM
maaf mas, bisa ga skema dan bahan serta tutorialnya di kirim ke email saya : de.andryos@gmail.com
Makasih . . . .
aq said :
October 15, 2009 at 5:52 AM
maaf mas, bisa ga yg jam digital tuh bahan, skema PCB sma tutorialnya di kirim ke mail saya??
tolong kirim ke : de.andryos@gmail.com
makasih . . .
Unknown said :
October 21, 2009 at 10:22 PM
maaf mas, untuk sementara baru ini yang kami punya...!
trims..!
AD 311 TA said :
November 20, 2009 at 8:42 AM
mas saya mnta tolong bahan yang sederhana untuk membuat jam digital tanpa mengunakan program dan di sertakan nama2 komponene nya da cra merangkai nya,
thanks.........

blz ya mas tlong bget...
blz d e mail q ya mas
adjie_castel@yahoo.co.id
Unknown said :
December 9, 2009 at 2:57 AM
maksudnya hanya kompone2 aja ya..? wah, ada teman lain yang bisa bantu..? saya usahakan cari juga ya...! trims
Unknown said :
June 5, 2010 at 8:32 AM
ma bisa kirim skemati dan hex file nya ke email arickbro@gmail.com
klo seandainya seven segement nya diganti dengan ukuran yang gde, apa ja yang mesti ditambahin ke rangkaiannya???
December 29, 2010 at 6:36 AM
slm knal dlu gan, tolong gan krim sekema counter 4 digital yng pakai led.. arjun_cell@yahoo.com trimakasaih
Unknown said :
January 21, 2011 at 8:43 PM
@arjun: sorry mas, skema counter 4 digital belum ketemu.., mungkin bisa lebih detil seperti apa rencana anda..?
January 30, 2011 at 9:45 AM
pak saya mau skemanya donk. dan daftar komponenya donk
January 30, 2011 at 10:20 PM
saya tertarik pada skema anda.
boleh dicoba,tuh
habis uang berapa,yah tuk skema itu?
Alamat e-mail: ndande.iyik@yahoo.co.id
January 30, 2011 at 10:22 PM
saya minta kiriman skemanya donk.please!
Unknown said :
January 31, 2011 at 8:57 PM
maaf mas, kami baru punya ini..!!
February 10, 2011 at 3:22 AM
Tolong jangan panggil saya mas, khan saya masih anak-anak! maklum masih kelaz 2 SMP!
Unknown said :
February 14, 2011 at 10:08 PM
okelah adik andre...!
February 20, 2011 at 4:30 AM
ich pusing Aq, sekolah dan service. banyak PR dan makin banyak pula Service. Pak klo boleh tahu Apa saran yang tepat buat saya yach!
February 20, 2011 at 4:32 AM
lho Aq khan ngirim satu pesan knapa yang keluar koq dua yach???????
Unknown said :
February 20, 2011 at 8:54 PM
@andre: saran saya, buat skala prioritas, mana yang lebih penting dan mana yang paling penting..!! satu lagi, usahakan, manfaatkan setiap detik kesempatan..!!
Sukses ya..!!
February 20, 2011 at 10:38 PM
okey, terimakasih saranX yach!
February 21, 2011 at 1:50 AM
oh iyach saya puX skema jam digital nich. Alamat blog saya: elektroandre.blogspot.com
Unknown said :
February 24, 2011 at 9:36 PM
Ok Andre, semoga sukses..!!
Bayu Wibowo said :
May 12, 2012 at 7:40 PM
perkenalkan nama saya bayu wibowo dari polman astra.
alhamdulilah akhirnya saya nemu blog yang pake PIC buat bikin jam digital.
Kalo saya boleh minta tolong sama adminnya
boleh ga minta rangkaian schematic, trus komponen yang harus digunakan.
soalnya saya dapet tugas suruh buat jam digital dengan PIC
kalo berkenan membantu tolong dikirim ke email saya ya
bayu.wibowo7@gmail.com
terimakasih banyak sebleumnya
mohon bantuannya.
Unknown said :
May 16, 2012 at 11:34 PM
mas @bayu, salam kenal kembali. udah saya jawab di email, jam digital banyak, bisa di googling, tidak hanya pakai PIC saja, semua mcu bisa.
semoga sukses tugasnya. txs
Unknown said :
February 7, 2013 at 2:18 AM
Assalamualaikum.. salam !! saya Aulia Nur Rahman dari Polman astra, kalau boleh saya minta rangkaian jam digital dengan pic18f452 beserta rangkaiannya?? karena saya perlu sekali, saya cari baru artikel ini yang saya rasa sangat sesuai dengan yang saya maksud.. kalo boleh kirim segera , mohon maaf sebelumnya :)

ini email saya :
Aulia_nur_rahman@ymail.com

salam super !! :)