9:42 PM

(0) Comments

Apakah Masa Depan Robot di Indonesia sudah menyentuh ke arah Mensejahterakan Bangsa..?

Unknown

Salam Robot Mania,

Kalau buat Robot seperti prototip (prototype), bisa bergerak sendiri (Autonomous) atau robot remote controller, bah..sepertinya sudah biasa aja kita dengar.., mungkin ada juga yang masih bilang wahhh (kagum) jika kita bicara Robot, tapi sebagian besar, paling tidak tingkat pendidikan Tinggi sudah familiar dengan benda yang namanya Robot, dan tentunya dunia industri lebih familiar dengan automation (otomasi).

Kita mau maju dan kita bisa maju, oleh karena itu, alangkah baiknya, perancangan Robot tidak hanya dalam bentuk Prototip tersebut dan setelah selesai di pakai untuk ikut kompetisi, bisa menang, bisa kalah.., trus bisa dimodifikasi atau dianalisa lebih jauh, atau bisa juga masuk gudang...he...he...

Apa yang kita lihat di dunia luar, negara lain yang sudah cukup maju, apa sih perbedaan kita dengan mereka..?
Kalau mereka bisa, kitapun pasti bisa.

Contohnya aplikasi Robotika seperti uraian di atas, apakah aplikasinya sudah menyentuh ke kebutuhan di tengah-tengah masyarakat kita yang cukup besar di bidang pertanian misalnya.
Kami pernah membaca artikel, di luar negri, ada daerah pertanian yang kegiatannya sudah dikendalikan oleh sistem robotika atau aplikasi dari mikrokontroler, seperti :
-penyiraman tanaman
-pemupukan tanaman
-pengendalian hama
-perubahan cuaca terhadap kesehatan tanaman
-dll s/d
-panen

Kalau efek yang terbayang akan mengurangi tenaga kerja, itu tidak sepenuhnya salah, tetapi tujuannya adalah, bagaimana meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi dengan sebaik mungkin agar kesejahteraan semakin baik.

..dan masih banyak aplikasi lainnya yang bisa kita buat dan yang terpenting, kita harus lakukan...lakukan...lakukan...lakukan...lakukan...lakukan...lakukan...lakukan...SEKARANG..!


Maju terus dunia Robotika di Indonesia...!!

Trims.

0 Responses to "Apakah Masa Depan Robot di Indonesia sudah menyentuh ke arah Mensejahterakan Bangsa..?"