10:42 PM

(4) Comments

MEMBUAT REMOTE CONTROLLED LINE FOLLOWER

Unknown

Pendahuluan

Yang dimaksud dengan “Remote Controlled Line Follower Mobile Robot” adalah suatu robot mobil yang akan mengikuti garis ( garis hitam diatas lantai putih ) dimana dia memiliki fasilitas start / stop yang dikontrol menggunakan remote kontrol. Untuk mengurangi kerumitan dari sisi program, maka remote kontrol disini tidak menggunakan fungsi decoding. Jadi semua tipe remote apapun dan tombol apapun dapat dipakai untuk mengaktifkan ( jalan ) atau melumpuhkan ( stop ) line follower robot tersebut.
Jadi untuk membuat robot line follower berjalan, maka kita harus menekan sebuah tombol ( apapun ) pada remote. Maka Robot Line Follower tersebut akan berjalan mengikuti garis hitam diatas dasar warna putih. Jika kita tekan kembali tombol ( apapun ) pada remote, maka robot akan berhenti demikian seterusnya.

Kontrol Robot

Untuk mengontrol robot, maka akan dipakai mikrokontroler PIC16F84 dengan pertimbangan faktor ukuran yang relatif kecil sehingga cocok untuk pengontrol robot line follower ini. Mikrokontroler sendiri akan menerima data dari sensor remote dan Foto sensor. Foto sensor (merk Fotek ) adalah sensor untuk membedakan jalur hitam diatas dasar warna putih.
Sedangkan untuk keluaran, mikrokontroler akan dihubungkan dengan 2 buah motor servo ( merk Parallax atau sejenis dengan tipe Continous ) dan 2 buah LED. Adapun diagram dari robot yang akan dibuat adalah sebagai berikut.




Gambar 1 Diagram Blok Robot Line Follower

Sensor

Seperti terlihat pada gambar 1 bahwa ada 2 sensor yang dibutuhkan untuk membuat robot ini. Yang pertama adalah sensor remote.

selengkapnya: http://microrobotics.blogspot.com/

4 Responses to "MEMBUAT REMOTE CONTROLLED LINE FOLLOWER"
baqar said :
July 30, 2008 at 9:33 PM
saya pernah buat remote controlled line follower yang paling sederhana, tidak perlu menggunakan microcontroller, dengan menggunakan rangkaian analog juga bisa.simple & low cost
August 7, 2008 at 12:37 AM
aq juga pernah bwt yang gtuan pake komponen analog, inti dari logic nya ada pada OPAMP sebagai komparator, kalau remotenya dihubungkan ke SCR sebagai triger nya,...
ya, untuk tambah-tambah referensi....
Too PayZ said :
February 21, 2009 at 8:11 PM
Line Follower dgn komparator atau sistem switching bisa dengan OpAmp atau transistor saja tapi pasti metode yg digunakan hanya dengan metode On Off n g bisa yang lain.
Klo kecepatan motor robotnya maksimal n cepet banget pasti robotnya bergetar dgn cepat karena begerak ke kiri dan kanan (geleng-geleng) secara terus menerus, pokoknya g bisa halus deh.

Biasanya sensor yg d pake cuma 2 saja.
Klo dgn mikrokontroller bisa dgn metode kotrol PI, tidak bergetar, dan kecepatan motor bisa maksimal. klo ad masalah tinggal ubah nilai P dan I-nya saja.
Sensor yg dipakai bisa hingga 8 baris jadi pembacaan lebih dalem yg mendukung pergerakan lebih halus.
Unknown said :
March 30, 2009 at 10:14 PM
@payzzz : betul sekali, semakin presisi gerakannya karena semakin banyak sensornya.
@handa : wah, inovatif juga mas..! trims.
@baqar : bagus juga sih mas, kalo ada waktu alangkah baiknya coba jugha dengan mcu (micro controller unit).. trims.!!