8:37 PM

(0) Comments

Toko Robotika di Tiap Propinsi di Indonesia.., Kapan..?

Salam Mikro-Bot,

Saya pernah searching dengan keyword "toko robot indonesia" beberapa waktu yang lalu, dan hasilnya, memang sangat mengejutkan saya. Kenapa tidak, hanya segelintir saja ada toko online versi indonesia yang menjual spare part (komponen) untuk merakit satu proyek robotika atau aplikasi mikrokontroler misalnya sensor suhu di ruangan Anu, dan seterusnya, belum lagi melakukan komparasi dari segi lama pengiriman dan purna jual termasuk harga yang kompeitif.

Seperti kerinduan banyak praktisi, baik dari akademisi maupun hobbiest, sangat ditunggu-tunggu toko-toko online lainnya tentunya yang lebih lengkap dan harga yang lebih terjangkau.
Sebaiknya, toko offline alias toko seperti yang kita jumpai setiap perempatan atau komplek pertokoan misalnya, sudah menyediakan spare part tersebut dan satu lagi, toko tersebut dapat tersebar di setiap Propinsi di Indonesia ini, alangkah senangnya.

Andai itu terjadi, dan mudah-mudahan kita termotivasi, tentunya tidak ada lagi mahasiswa yang harus menunda TA (Tugas Akhirnya) karena modul Driver Motor untuk Robot buatannya belum datang dari kota A yang jauh di sana dengan 'lama tunggu' bisa sampai 1 minggu, atau para siswa sekolah B, yang harus jalan-jalan dulu karena menunggu proyek group "robot laba-laba" mereka terkendala karena satu biji motor servo nya rusak dan harus menungu kiriman dari luar negri,...dan mungkin masih banyak kisah sedih lainnya.

Harapan kami melalui artikel singkat ini, semakin banyak yang mengambil peluang untuk menjadi penjual komponen tersebut dan pada akhirnya setiap ada kebutuhan proyek mikrokontroler atau robotika di mana saja di Negeri ini, tidak terkendala lagi. Semoga...!!

Oke, maju terus dunia Robotika dan Mikrokontroler di tanah air..!
Terima kasih.

0 Responses to "Toko Robotika di Tiap Propinsi di Indonesia.., Kapan..?"